Meningkatkan Minat Baca Anak

Image

Buku adalah salah satu cara untuk mencapai kecerdasan. Itu adalah salah satu kalimat yang sering diucapkan oleh kebanyakan orang tentang buku. Mungkin ada satu kelompok yang kurang minat membacanya, padahal merekalah yang diharapkan untuk kecerdasan masa depan. Yaitu anak-anak remaja.

Kebanyakan anak lebih suka menonton daripada membaca, karena dengan menonton, mereka dapat langsung memahami apa dan bagaimana hal itu terjadi. Tetapi jika dengan membaca, mereka membutuhkan imajinasi yang kuat, mereka harus membayangkan apa dan bagaimana hal tersebut terjadi.

Tetapi bukan berarti membaca adalah sesuatu yang susah. Justru dengan membaca kita dapat menetralisasikan otak kita karena dengan membaca kita dapat memeras otak kita, membayangkan lebih jauh bagaimana cerita di dalam buku tersebut.

Untuk orang tua atau guru, mungkin memang susah untuk meningkatkan minat baca anak atau siswa. Karena siswa lebih menyukai hal yang mudah dan tidak rumit. Buku ensiklopedi atau biografi yang tebal dan tidak bergambar, apakah anak-anak akan menyukainya? Saya rasa tidak. Bayangkan saja, dengan bahasa yang lumayan rumit dan tanpa selingan gambar. Apa tidak pusing membacanya?

Anak-anak memang perlu membaca, tetapi juga perlu selingan dengan gambar-gambar yang berhubungan dengan pengetahuan tersebut. Hal tersebut terjadi karena anak-anak butuh keseimbangan antara otak kanan (gambar-gambar) dan otak kiri (tulisan). Mungkin beberapa siswa tidak akan mempersalahkan hal tersebut karena mereka memang hobi membaca, tetapi yang lain? Mereka akan kesulitan karena menurut mereka “melihatnya saja sudah pusing.” Itu lah yang sering mereka katakan ketika disarankan untuk membaca sebuah buku.

Saya memiliki beberapa usaha yang efektif untuk meningkatkan minat baca pada anak-anak remaja, yaitu sebagai berkut:

  1. Proses pembelajaran di sekolah harus dapat mengarahkan pada siswa untuk untuk rajin membaca buku dan memanfaatkan literatur yang ada di perpustakaan atau sumber belajar lainnya.
  2. Menekan harga buku bacaan maupun buku pelajaran agar terjangkau oleh daya beli masyarakat.
  3. Buku bacaan dikemas dengan gambar-gambar menarik.
  4. Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuhnya minat baca anak-anak.
  5. Menumbuhkan minat baca sejak dini.
  6. Meningkatkan frekuensi pameran buku di setiap kabupaten/kota dengan melibatkan penerbit,  LSM, perpustakaan, masyarakat pecinta buku, Dediknas, dan sekolah-sekolah.

Bagi orang tua, ada tips yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat baca anak. Tidak ada yang lebih penting untuk kesuksesan akademik seseorang, selain menjadi pembaca yang baik. Orang tua mengenal anak-anak mereka dengan baik dan dapat menyediakan waktu dan perhatian yang akan membimbing mereka berhasil dalam membaca. Berikut ini daftar cara-cara untuk membantu anak anda menjadi pembaca yang lebih efektif:

  1. Sediakan waktu luang untuk membacakan sebuah buku untuk anak anda.
  2. Kelilingi anak anda dengan berbagai macam buku bacaan.
  3. Buatlah waktu membaca bersama keluarga.
  4. Berikan dukungan pada bebagai aktvitas membaca mereka.
  5. Biasakan pergi ke perpustakaan.
  6. Ikuti terus perkembangan membaca anak anda.
  7. Perlukan oleh orang tua, apakah mereka ada kesulitan dalam membaca buku bacaannya.
  8. Mencari pertolongan secepatnya jika ada masalah dalam membaca.
  9. Pakailah cara yang bervariasi untuk membantu anak anda dalam membaca.
  10. Perlihatkan bagaimana antusiasnya anda saat membaca kepada anak.

Itu adalah beberapa saran dari saya unuk meningkatkan minat baca anak. Mungkin ada beberapa cara yang tidak begitu efektif, tetapi hal itu bisa dicoba kan? Ingat, peranan orang tua untuk kecerdasan masa depan anaknya sangatlah penting karena orang tua adalah pendamping yang pantas untuk anaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s