Charts pada Microsoft Excel

Jadiii, disini saya bakal ngejelasin Chart itu apasih?

Secara umum, Chart adalah sebuah grafik untuk mempresentasikan sebuah data. Chart mempersilahkan pengguna untuk melihat informasi dari data agar bisa dimengerti dan memprediksi data-data yang sekarang maupun masa depan. (Computer Hope 2017)

Di Microsoft Excel, chart ini sendiri banyak tipenya. Seperti Column Chart, Line Chart, Pie Chart, Bar Chart, Scatter Chart, Area Chart, dan lain-lain. Sebagai contoh, untuk membuat grafik kenaikan penjualan, atau kenaikan IP/IPK, kita bisa gunakan Line Chart. Untuk membuat grafik tentang berapa jumlah pengguna beberapa merk HP, kita bisa gunakan Pie Chart.

Ini beberapa fungsi Chart :

Column Chart : Untuk membandingkan data berdasarkan kategori

Line Chart : Untuk menampilkan data berdasarkan tahapan waktu

Pie Chart : menampilkan kontribusi dari nilai2 perkategori data menjadi total keseluruhan data

Bar Chart : membandingkan multiple values.

Area Chart : menampilkan secara jelas perbedaan beberapa data dalam satu periode waktu

Scatter Chart :  membandingkan antara 2 nilai atau lebih.

jadi untuk  membuat chart, caranya cukup mudah kok

masukkan dulu data yang ingin kita buat chart nya, terus pergi ke Insert –> Charts

Screenshot_1

terus pilih Line Chart, yang 2D atau 3D terserah kita

Screenshot_2

Nah terus bakal muncul chart seperti dibawah ini.. kalau semisalnya kita mau ngeubah tipe chart, tinggal ke menu Design, terus Change Chart Type

Screenshot_6

untuk menukar data yang seharusnya ada di sumbu X menjadi di sumbu Y dan sebaliknya, ke Menu Design, lalu klik Switch Row/Column

Screenshot_4

maka data akan muncul seperti ini.

Screenshot_5

Jika kita ingin mengubah sumber data nya, tinggal klik kanan, terus pilih Select Data. atau di kiri atas ada menu Select Data

Screenshot_7

klik di Chart Data Range, lalu blok semua data yang ingin kita pakai di Chart (yang menggantikan data lama)

Selain mengubah sumber data, kita juga bisa menambah/mengurangi data yang ingin kita masukkan ke Chart. Jika ingin menambahkan, tinggal klik Add. Jika ingin menghapus data di Chart, tinggal klik data yang ingin dihilangkan dan klik Remove.

Screenshot_8

Pada Pie Chart

nah untuk membuat pie chart juga sama caranya, tinggal blok data yang ingin kita buat chartnya, lalu klik di Pie Chart.

Nah untuk menambahkan keterangan persen dan namanya, tinggal klik di Chart Layouts dan pilih sesuka kita.

selain itu, disampingnya juga ada pilihan warna untuk chartnya.

Screenshot_9

Nah maka chartnya akan muncul tambahan keterangan persen seperti ini

Screenshot_10

Untuk mengubah/menambahkan Chart Title, tinggal ke Menu Layouts terus klik Chart Title. Bisa meniadakan judul, judulnya dibelakang, atau judulnya diatas.

Screenshot_11

Nah untuk keterangan warna untuk setiap datanya, bisa di klik di Legend. disana kita bisa memilih keterangan tersebut bisa ditiadakan atau disebelah kanan, kiri dan lain2.

Screenshot_12

Nah lalu kita bisa memindahkan posisi keterangan persen tadi, entah di tengah, dipinggir dalam, dipinggir luar, atau diluar, atau malah ditiadakan.

Screenshot_13

Nah lalu jika ingin warna diluar chartnya diubah, klik di menu Format lalu klik Shape Fill. disampingnya yang berbentuk huruf A itu merupakan pilihan warna font nya.

Screenshot_14

setelah dipilih, maka hasilnya akan seperti ini

Screenshot_15

Semangattt!

Dasar-dasar Microsoft Access

Holaa! Kali ini saya mau ngejelasin tentang Microsoft Access nih, salah satu produk database nya Microsoft. Yang saya gunakan ini Ms. Access 2007.

Jadi buat awal, kita pilih Blank Database, jangan lupa disebelah kanan kita ganti nama filenya

Screenshot_1

Nah di tab pertama, klik kanan dan pilih Design View. Setelah itu beri nama data nya sesuai dengan yang diinginkan. contoh : Mahasiswa.

Screenshot_3

 

Nah setelah itu tuliskan kolom-kolom apa saja yang ingin kita tuliskan dalam data tersebut di bawah Field Name. Disebelah kirinya ada simbol seperti simbol kunci, itu namanya Primary Key. Primary Key itu semacam ciri khas yang berbeda2 dari setiap orang. Contohnya NIM, NIP, No Absen dll. Sedangkan Foreign Key adalah data selain Primary Key. Note: Primary Key hanya satu.

Screenshot_4

Nah setelah menambahkan apa2 saja yang hendak dijadikan kolom, disampingnya itu ada Data Type. Kita bisa memilih tipe seperti apa data yang hendak kita masukkan. Contohnya seperti text. Text adalah kalau isi data kita berisi teks huruf semua atau gabungan angka atau huruf. Memo seperti keterangan. Number itu berisi angka semua. Date/Time itu untuk tanggal dan waktu. dan yang lainnya.

untuk yang dibawahnya, Field Size itu untuk seberapa banyak karakter yang bisa kita masukkan kedalam data tersebut. Misalnya, NIM di IPB maksimal berisi 9 karakter. Maka yang kita isi di field size adalah 9. Untuk Required, itu menunjukkan data tersebut wajib diisi atau tidak. Jika wajib, maka isi Yes. Jika tidak, Maka isi no.

Screenshot_5

Nah jika sudah selesai, agar datanya bisa kita isi, klik kanan pada tab tabel nya, lalu pilih “Datasheet View” lalu isi datanya.

 

Screenshot_7

Lalu untuk menambahkan tabel baru, buka di Create lalu klik Table. Ulangi langkah dari awal untuk mengisi datanya!

Screenshot_8Screenshot_10

Relationship

Nah jadi Relationship ini apa sih? Relationship ini buat grafik hubungan antara tabel yang satu dengan yang lainnya. untuk membuatnya, tinggal buka di Database Tools, lalu klik Relationships.

Screenshot_11

Klik tabel yang ingin di hubungkan, lalu klik Add. Gunakan cara tersebut pada semua tabel.

Screenshot_12

Maka hasilnya akan seperti ini:

Screenshot_13

Lalu, disebelah kanan atas ada Edit Relationship. Klik itu, dan Create New.

Screenshot_15

Lalu masukkan 2 tabel yang ingin kalian hubungan di Left Table Name dan Right Table Name. Sedangkan untuk Left Column Name dan Right Column Name, pilih data yang sama untuk kedua tabel tersebut.

Screenshot_16

Ulangi untuk menghubungan 2 tabel lainnya, maka hasilnya akan seperti ini :

Screenshot_17

Form

nah untuk membuat form, pergi ke Create, lalu klik More Forms dan klik Form Wizard.

Screenshot_18

Pindahkan semua data dengan mengklik >> lalu tekan Next>

Screenshot_23

Nah tinggal klik Next lagi setelah itu, jika disuruh memilih bentuk form nya, pilih sesuai kemauan kalian. Jika sudah, maka tekan finish. Maka hasil akhir dari form akan seperti ini : (ini Columnar)

Screenshot_25

Query

untuk membuat Query, pergi ke Create dan klik Query Design.

Screenshot_19

lalu tekan close

Screenshot_20

lalu klik kanan pada tab query nya, dan pilih SQL View.

Screenshot_21

Ketik

SELECT* FROM (salah satu tabel) WHERE (Primary Key/Foreign Key tabel tersebut) =’data’

contoh : SELECT* FROM Mahasiswa WHERE NIM =’G14160081′

Tanda * disamping SELECT untuk memberikan keseluruhan data yang lain yang berkaitan dengan data yang diminta.

Jangan lupa tekan Run disebelah kiri atas.

Screenshot_22

maka hasilnya akan seperti ini :

Screenshot_24

Report

Untuk membuat Report, buka di Create dan klik Report Wizard.

Screenshot_25

Kurang lebih seperti cara membuat Form. Tetapi bedanya, masukkan semua data yang ingin kita masukan dalam Report kita. jangan sampai double ya. Memindahkannya bisa pakai tanda > atau jika ingin memindahkan semuanya pakai tanda >>. Jika sudah semua, klik Next >.

Screenshot_26

Nah setelah itu, kita akan diminta berdasarkan apa data itu hendak diurutkan. Misalnya, berdasarkan Nama. Ascending jika berurutan dari huruf A ke Z. Jika Descending berurutan dari huruf Z ke A. Jika sudah selesai, tekan next >. Jika diminta bentuk report nya, pilih sesuai kemauan kita. Jika sudah, lalu klik finish.

Screenshot_27

Maka hasilnya akan seperti ini :

Screenshot_28

 

YEYY SELESAI! SEMOGA MEMBANTU YAA!!

Jika ada yang ingin ditanyakan tinggal leave a comment. Makasihhh

Membuat PPT dengan Microsoft Powerpoint

Halooo! Selamat siang teman2

Jadi hari ini saya mau ngeshare tentang cara membuat PPT yang bagus dengan Microsoft Powerpoint.

Nah jadi, buka dulu Powerpoint kalian dengan keadaan blank dan New. terus ketikkan judul kalian di slide paling awal. Kali ini saya mau pake contoh makalah yang pernah saya buat di semester satu lalu bersama teman sekelompok.

Screenshot_1.jpg

Terus buat ngeganti background, kalian bisa pergi ke menu Design, terus pilih Themes nya.

Screenshot_3

kalo kalian cuman mau tema nya di apply di satu slide yang kamu pilih, tinggal klik kanan terus pilih ke “apply to selected slide”

Screenshot_5.jpg

 

Terus kalo kalian bosen ama backgroundnya yang masih blank gitu, bisa diganti looohh. tinggal klik kanan terus pilih format background

Screenshot_4.jpg

Terus tinggal pilih, mau “Solid Fill”, “Gradient Fill”, atau “Picture or Texture Fill”. Kalo Solid dia tetep blank tapi bisa ganti2 warna, terus kalo Gradient dia bisa gradiasi antara 2 warna, dan yang terakhir kalo picture or texture, kalian bisa ngeupload foto atau milih texture yang udah disediain buat jadi background slide kalian. Mudah kann??

Nah kalo kalian udah ngetikin isi makalahnya ke powerpoint, nah kita lanjut ke Slide Transition. Ini supaya pas presentasi, kemunculan slideny bisa dimodifikasi, gak gitu2 aja

Jadi masuk ke menu “Animation” terus pilih transition nya sesuai mau kalian wihihi

Screenshot_7.jpg

Sebenernya, di “Animation” ini juga bisa milih variasi buat kemunculan kalimat/kata nya, bisa bergelombang, bisa kek bentuk bintang dan lain2. tapi saya gakbisa tutorialin karena di powerpoint saya gaada 😦 kenapa ya 😦

nah kita move on aja deh, ke Hyperlink. apa itu hyperlink? Hyperlink ini bisa ngebuat link ke url, email, file, program, dll

nah ngebuat hyperlink ini gampang kok, tinggal ke Insert, terus ke menu Hyperlink. Tinggal browse deh mau file/url apa yang mau kamu link-kan

Screenshot_10.jpg

atau kalau mau lambangnya lebih bagus, bisa ke Insert, terus “Shapes”, terus pilih paling bawah “Action Buttons”

Screenshot_8.jpg

terus pilih salah satu logonya, misal nih saya mau upload makalah lengkapnya, nah saya pake logo document. bentuk dulu mau besar atau kecil terserah. terus bakal muncul sesuatu buat milih apa yang mau kita lakuin sama action buttons itu.  tinggal pilih yang “Hyperlink to” dan browse deh makalah saya ada dimana

Screenshot_9.jpg

yuhuuuuu gampang kan? SELAMAT MENCOBA!!

p.s : ini slide makalah yang saya buat, mungkin bisa jadi contoh

https://drive.google.com/file/d/0B6m4u9R2c_CJdHJpcU1JVGhtSlk/view?usp=sharing

dan ini makalahnya

https://drive.google.com/file/d/0B6m4u9R2c_CJVDdTRm1GS1NUTDg/view?usp=sharing

 

Cara Menghitung Pajak di Microsoft Excel

Halo guys! jadi saya dapet tugas nih buat ngepost di blog lagi, dan bahasannya soal EXCEL. yuhuu

ini soalnya :

Screenshot_4

Jadii, di soal itu kita disuruh buat ngehitung pajak dari tahun 2005  sampai tahun 2012 dengan kenaikan 8% dan 5% setiap tahunnya.

nah karena bantuan Microsoft Excel, kita gaperlu lagi ngehitung satu2 pake rumus. disini saya bakal ngenalin caranya!

Jadi, copy dulu tabelnya ke Microsoft Excel, jangan lupa pajak yang di tahun 2005 di copy juga.

Screenshot_5

 

Ada yang masih ingat rumus pajak?

yep! biasanya kan rumusnya

P = Po + (Persen kenaikan pajak x Po) dengan P pajak yang ditanyakan dan Po pajak tahun sebelumnya.

Nah kita masukin rumus pajak dengan manual di D3

=SUM(C3,C3*B3%)

Bakal muncul langsung hasil dari rumus yang kita masukin

Screenshot_6

Nah, tambahkan tanda $ di rumus yang tadi. Fungsi $ buat apa sih?

Jadi tanda $ ini buat mengunci baris/kolom supaya ketika di drag, baris/kolom yang digunakan ga kemana2(?)

Kalo masih bingung kita coba saja kuy

Karena persen kenaikannya tetap untuk setiap tahunnya, saya tambahkan tanda $ di kolom persennya.

=SUM(C3,C3*$B3%)

Tetapi saya gak nambahin tanda $ di depan angka 3 nya (baris) seperti

=SUM (C3,C3*$B$3%)

Kenapa? Karena disana ada benda A dan B dengan persen kenaikan pajak yang berbeda, yaitu 8% dan 5%. Ntar kalo saya tambahin tanda $, di baris yang seharusnya kenaikan pajaknya 5% malah jadi 8%. He he

Nah kenapa juga saya gak masukin tanda $ di depan kolom harga pajak sebelumnya? supaya harga yang ditambahkan tiap tahunnya itu berbeda, gak ngestuck di satu tahun doang. Kalo gitu berarti gak mengalami kenaikan dong.. hehe

Nah lanjut nih, habis itu kita drag deh di kolom yang tadi kita masukin rumus. dibawah sebelah kanan nya cell ada tanda tambah kalo kamu arahin kursornya kesitu

Screenshot_7

nah terus seret deh sampe ke paling bawah kanan, nanti rumusnya bakal otomatis masuk ke cell yang lain juga.

Screenshot_8

SELAMAT MENCOBA!!

Cara kompres file di android dan 5 aplikasi utilitas android yang recommended!

Halo guys! jadi hari ini saya mau ngenalin caranya ngeubah file jadi bentuk zip di android. atau bahasa kerennya kompres file.

Jadi, buka “My Files” nya dulu di menu

 

Nah pas udah buka My Files, buka Device Storage. Lalu piih salah satu file yang hendak di kompres lalu di tekan lama (tahan)

jika sudah disentuh lama, dibagian atas sebelah kanan ada titik 3. Sentuh bagian titik 3 itu dan akan muncul pilihan seperti gambar dibawah. pilih Zip.

maka setelah itu akan muncul seperti dibawah ini untuk memberi nama Zip sesuai kemauan kita. Setelah itu folder Zip akan muncul di folder yang sama dengan folder atau file yang hendak kita kompres. Selamat mencoba!


 

Setelah itu saya ada rekomendasi 5 aplikasi android yang bisa kamu download di playstore. check it out!

1. 360 Security

ini semacam antivirusnya android, kalo hape kita udah mulai lemot2, tinggal di boost deh

2. Hola Launcher

Screenshot_2017-03-05-19-54-30.jpg

Jadi Hola Launcher ini kayak satu paket. Ada tema, wallpaper nya gitu. Ada Hola Games nya juga, sama Hola Search.

3. Applock

screenshot_2017-03-05-19-53-22

Aplikasi ini berfungsi untuk mengunci aplikasi2 yang bersifat pribadi. Misal Gallery, Video, Massages, LINE dll

4. Peel Smart Remote

 

Nah, kalo aplikasi ini berfungsi banget kalau remote tv kita hilang atau rusak wkwkwk tinggal sinkronkan aplikasi ini sama tv di ruangan kamu, bisa langsung dipakai deh buat jadi remote tv.

5. Lastpass

Screenshot_2017-03-05-19-52-13.jpg

Lastpass ini berfungsi untuk memanage/membuat password kita, atau menyimpan password2 akun kita. Misalnya, akun sosmed kalian beda2 untuk Facebook, Twitter, dan Instagram. Nah biar gak lupa salah satunya, bisa disimpan disini dengan fitur Secure Notes.

 

5 Secrets in Customizing ur Computer!

Halo teman-teman semua! Jadi saya mau ngasih beberapa tutorial customize yang mudah tapi jarang diketahui orang nih. Check it out!

1. Kamu kidal? Sulit saat menggunakan mouse? Begini caranya!

Awalnya, klik kanan dahulu pada desktop anda, lalu klik Personalize .

Lalu pilih “Change mouse pointer”

screenshot_1 screenshot_2

Di tab buttons, paling atas ada kolom button configuration untuk memilih Right-handed dengan Left-handed. Klik di Left-handed.

screenshot_3

Tinggal click apply lalu tekan OK. Selesai!

2. Drag/highlight/blok tanpa menekan tombol mouse secara terus menerus

Pada saat mau Copy-Paste teks di Internet yang sangaaaaatttt panjang, capek nih ngeklik mulu. Kalo di klik-annya lepas terus ngeklik lagi, blok/drag/highlight nya bakal hilang!

Tenang, jadi kamu cuman perlu ke Personalize–>change mouse pointer–>buttons–>paling bawah ada ClickLock, turn on ClickLock nya.

screenshot_4

kalau sudah di klik, tinggal Apply –> OK. Selesai!

3. Mengganti resolusi layar desktop

Klik kanan pada desktop, lalu pilih screen resolution

screenshot_5

Lalu, di bagian resolution kalian bisa milih resolusi yang kalian inginkan. 1366 x 768 adalah resolusi maksimalnya.

screenshot_6

Selamat mencoba!

4. Mengganti tulisan di desktop menjadi lebih besar

Klik kanan di desktop –> personalize –> control panel home

screenshot_7

lalu pilih “Hardware and Sound”

screenshot_8

lalu pilih “Make text and other items larger and smaller”

screenshot_9

screenshot_10

disitu, kita bisa mengganti size semuanya atau size dari teks nya saja. Silahkan mencoba!

5. Mengecek kapasitas RAM dari keseluruhan PC kita

Mungkin yang terakhir ini bukan customize ya, melainkan cara ngecek kapasitas RAM PC kita

Buka “File Explorer” lalu di “My Computer” klik kanan, pilih properties

screenshot_11

screenshot_12

Disana, kita bisa mendapatkan informasi berapa RAM yang terdapat pada PC kita. Buat yang belum tau, RAM (Random Access Memory) berfungsi untuk penyimpan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data untuk diolah menjadi informasi.

Yap sekian dan SEMOGA BERMANFAAT! Hatur Nuhun!

 

 

Activate Blog, Then Start, Again.

20170216_142543.jpgHalo guys! Jadi kali ini saya dapat tugas buat ceritain pengalaman nge-aktifin blog.

Itu kan blognya dibuat kelas 1 sma (kalo gak salah ingat), rata2 buat ngumpulin tugas liburan dari guru. semenjak lulus, gak pernah ngepost lagi. nah hari ini, 16 Februari 2017, ada kelas praktikum Penerapan Komputer (KOM201). Materinya disuruh buat blog gitu sih, cuman berhubung ini blog sudah eksis sejak 3 tahun lalu, yaudah pake yang ini aja.

selama yang lain pada buat blog baru, saya ngutak-ngatik blog saya sendiri. entah customize, ganti2 tema, ngepost. entah kenapa sampe berapa kali pun saya ganti tema, gak ada yang cocok wkwkwk yah mau gimana, yang dipilih yang free mulu -_____- sekali2 mesti liat2 yang premium kali yah. (nge sok)

mungkin saya mesti berterima kasih sama tugas ini, yah mungkin kedepannya saya bakal mulai nulis lagi, ngeblog lagi hihiw mungkin ini blog bisa dijadiin ladang diskusi buat ngembangin mindset. aseekk.

btw, saya punya project baru (yang mungkin bakal saya post disini). Tunggu aja ya! Jangan lupa follow yihaaaa