Beberapa Cara Untuk Menjadi Pengusaha SUKSES

ciputranews_1376460904

Menjadi pengusaha sukses yang bisa menghasilkan banyak uang tentu menjadi impian banyak orang. Namun, jalan yang harus ditempuh untuk menjadi seorang pengusaha sukses cukup panjang dan penuh rintangan. Pertanyaannya, siapkah anda menempuh perjalanan tersebut?  Yakinkah anda untuk terjun ke dalam dunia pengusaha yang penuh resiko dan intrik? Jika anda sudah benar-benar yakin, berikut kami sajikan 10 cara menjadi pengusaha sukses versi Top10Indo :

  1. Anda harus memiliki Passion (gairah) dalam usaha anda

Apapun usaha yang akan kalian jalankan nanti, pastikan disana terdapat gairah dan passion anda. Artinya, usaha tersebut harus mampu membuat anda dengan sukarela bekerja keras dan melakukan berbagai inovasi. Ingat, seorang pengusaha yang suskses tidak hanya membutuhkan modal yang besar dan kemampuan untuk menganalisa pasar, tapi juga gairah terhadap bidang yang ditekuninya.

Jika anda berniat untuk menjadi pengusaha yang sukses, mulai sekarang cobalah untuk memahami diri anda sendiri. Cari tahu dimana bidang-bidang yang di dalamnya terdapat passion anda. Mungkin bidang tersebut bisa saja dalam hobi anda, latar belakang pendidikan, impian masa kecil, dan banyak lagi.

2. Lihatlah peluang-peluang bisnis yang tidak dilihat oleh orang lain

Pengusaha yang sukses adalah orang yang mampu menemukan peluang-peluang tersembunyi yang sering terlewatkan oleh orang lain. Oleh karena itu, cobalah untuk selalu memandang suatu hal dari sudut pandang yang berbeda. Bahkan dalam setiap kesulitan pun pasti selalu ada factor yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan keuntungan bagi anda.

Salah satu karakter yang bisa membantu untuk melihat peluang-peluang bisnis ini adalah cara berpikir yang positif. Kreativitas yang tinggi juga diperlukan untuk menemukan peluang-peluang yang tidak terduga oleh orang lain. Jangan berhenti melakukan riset dan mencoba untuk berinovasi.

3. Manajemen waktu

Bagi pengusaha yang sukses, manajemen waktu yang tepat adalah kunci dari keberhasilan. Anda harus terbiasa untuk mengatur waktu dengan disiplin sejak sekarang. Alokasikan waktu dengan seimbang, waktu untuk bekerja, beristirahat, dan untuk rileks. Manajemen waktu yang baik akan membuat pekerjaan-pekerjaan anda lebih efisien dan efektif.

Dalam manajemen waktu, anda juga harus bisa memastikan bahwa ada waktu yang cukup untuk bersenang-senang atau refreshing di tengah-tengah padatnya jam kerja. Jika anda mengabaikan hal ini, kejenuhan bisa melanda dan daya kerja justru akan menurun.

4. Kerja keras

Tak bisa dibantah lagi, jika anda berniat untuk menjadi pengusaha yang sukses, bersiaplah untuk bekerja keras. Jangan takut jika anda masih berkutat dengan pekerjaan-pekerjaan anda sementara orang lain sudah duduk santai di rumah masing-masing. Anggaplah kerja keras yang anda lakukan saat ini sebagai sebuah investasi di masa depan.

Selain bekerja keras, anda juga harus terus mencoba untuk bekerja lebih pandai. Temukan metode di mana anda bisa bekerja dan menghasilkan produk semaksimal mungkin. Dengan menggabungkan dua prinsip, bekerja lebih keras dan bekerja lebih pandai, maka kesuksesan akan lebih cepat menghampiri anda.

5. Jaga kesehatan diri anda

Prinsip ini sudah jelas. Jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan anda baik secara fisik ataupun mental. Jika tubuh anda sehat, maka tentunya anda bisa bekerja lebih produktif. Perhatikan pola makan anda, usahakan makan dengan menu yang bergizi. Jangan lupa pula untuk olahraga dan tidur secara teratur. Untuk kesehatan mental, cobalah untuk beribadah sesuai dengan kepercayaan anda, bermeditasi, dan berkomunikasilah dengan orang-orang yang anda cintai.

6. Prediksi, antisipasi, dan tanggapi perubahan-perubahan baru yang mungkin terjadi

Kesigapan dalam menanggapi suatu perubahan adalah factor vital yang menentukan sukses dan tidaknya seorang pengusaha. Pastikan untuk terus mengikuti berita-berita social, politik, ekonomi, dan budaya terbaru, terutama yang berhubungan dengan usaha anda. Jika anda mendeteksi adanya kemungkinan perubahan besar-besaran di masa depan, antisipasilah hal itu. Pertama, analisa apakah perubahan tersebut bisa memvawa kerugian bagi usaha anda. Jika ya, maka minimasirlah. Analisa selanjutnya, lihatlah peluang-peluang yang ditimbulkan perubahan tersebut untuk mendapatkan untung bagi usaha anda.

Contoh nyara yang paling simple adalah usaha toko kamera tahun lalu, yang sempat dilanda gejolak yang cukup besar ketika orang beramai-ramai pindah dari kamera film ke kamera digital. Toko kamera yang siap mengantisipasi perubahan ini pasti sudah bersiap dari jauh-jauh hari dan mulai mengganti produknya, sedangkan yang tidak siap hanya akan gigit jari dan mengalami kerugian besar. Hal ini membuktikan bahwa kesiapan menghadapi perubahan punya dampak yang besar terhadap kesuksesan usaha.

7. Cari tim yang bagus, dan percayalah pada mereka.

Anda tidak bisa menjadi seorang pengusaha sukses tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu, kumpulkanlah orang-orang terbaik yang sudah anda seleksi dengan ketat. Beri mereka pekerjaan, dan percayalah mereka seperti anda mempercayai diri sendiri. Tentu saja, anda tetap harus memonitor dan mengecek kinerja tim anda. Namun yang paling penting, tunjukkanlah rasa percaya anda kepada mereka, sehingga tim anda akan lebih loyal dan berkomitmen dalam bekerja.

8. Buat rencana bisnis yang matang

Rencana bisnis yang matang adalah salah satu instrument penting penting untuk memulai usaha yang sukses. Rencanakanlah langkah-langkah anda di dunia usaha sedetail mungkin. Buat analisa-analisa dan perhitungan tentang berapa besar jumlah uang yang harus anda keluarkan, berapa besar keuntungan potensial yang bisa diraih, serta berapa lama anda akan balik modal. Jika perlu, sewalah seorang akuntan atau bisnis planner untuk membantu anda menyusun rencana bisnis.

Setelah rencana bisnis yang matang sudah dibuat, jangan lupa untuk mengeksekusinya dengan sempurna. Percuma jika anda memiliki rencana yang super solid, namun eksekusinya meleset. Pastikanlah bahwa waktu eksekusi benar-benar tepat dan pelaksanaan rencana bisnis benar-benar sesuai dengan yang tertulis.

9. Kejujuran dan integritas

Tak ada pengusaha yang sukses tanpa kejujuran dan integritas. Kejujuran akan membuat anda lebih dipercaya klien-klien serta membuka peluang-peluang baru yang mungkin sebelumnya tertutup. Kejujuran juga akan membuat nama anda semakin bagus di mata konsumen.

Untuk masalah intregitas, cobalah selalu untuk berpegangan teguh pada nilai-nilai yang anda anut dan norma-norma kemanusiaan. Jangan memproduksi produk di bawah standar yang anda tetapkan. Jangan gunakan cara-cara licik untuk meraih keuntungan semaksimal mungkin. Ingat, jika anda menanam bibit kebaikan, maka di masa depan anda juga akan memanen kebaikan.

10 Nikmati perjalanan panjang anda menuju kesuksesan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, perjalanan untuk menjadi pengusaha yang sukses akan sangat panjang. Nikmatilah perjalanan ini sebagai suatu hal yang menyenangkan. Anggap setiap rintangan dan duka yang anda hadapi sebagai batu asahan untuk mempertajam naluri anda sebagai seorang pengusaha. Jalani semuanya dengan gembira, lapang dada, dan pikiran positif. Kelak jika anda sukses, perjalanan yang akan anda tempuh kali ini akan menjadi cerita yang tidak ternilai dan akan selalu dikenang.

Semoga 10 cara menjadi pengusaha sukses ini berguna dan bisa anda terapkan dengan baik.

Sumber :    http://www.top10indo.com/2013/05/10-cara-menjadi-pengusaha-sukses.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s