Pengaruh Internet Terhadap Remaja

internet

Internet, sesuatu yang tidak asing bagi setiap orang. Sebagian besar orang di dunia ini menggunakan internet, bahkan kecanduan menggunakannya. Terutama para remaja yang senantiasa menggunakannya, karena dapat mencari informasi dengan cepat dan mudah, lalu bisa berhubungan dengan orang-orang terjauh dengan mudah. Siapa yang tidak menyukainya? Serba praktis, dan mewah.

Internet bisa kita dapatkan dimanapun kita berada, hanya bermodalkan handphone pun kita dapat menggunakannya. Biasanya di pinggiran kota juga terdapat warung internet atau yang biasa disingkat “warnet”.

Dunia informasi tanpa batas, begitulah orang-orang menyebutnya. Saya pun tidak begitu yakin, tetapi begitulah orang-orang menyebutnya. Semua informasi di berbagai belahan dunia dapat kita ketahui dengan mudah hanya karena bantuan internet. Dan semua informasi tersebut dapat kita ambil dengan sangat mudahnya seraya membalikkan telapak tangan atau mengerjapkan mata.

Banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi apapun yang kita butuhkan dapat kita temukan disana. Lalu apa hubungannya dengan remaja yang masih berstatus pelajar? Tentu saja erat hubungannya dengan siswa karena mereka tidak luput dengan yang namanya informasi dan ilmu pengetahuan.

Internet adalah media yang paling efektif dan mudah untuk membantu siswa mencari ilmu pengetahuan. Dan tak dapat dipungkiri juga dengan kebebasan tersebut, siswa dapat menyalahgunakan fasilitas internet sebagai sarana kriminalitas atau asusila. Siswa yang biasanya baru mengenal internet akan menggunakannya untuk mencari hal yang aneh-aneh seperti video-video dan gambar-gambar yang bersifat asusila yang dapat mempengaruhi kepribadian dan jiwa siswa tersebut. Sehingga siswa menjadi terpengaruh dan tidak berkonsentrasi akan proses belajarnya di sekolah.

Akan tetapi, tidak semua siswa melakukan hal tersebut. Hanya segelintir siswa yang tidak bertanggung jawab saja yang dapat melakukannya karena kurang rasa tanggung jawab terhadap dirinya pribadi dan sekitarnya. Namun pada umumnya internet digunakan siswa untuk mencari atau mendapatkan informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diajarkan di sekolah mereka. Hal tersebut memungkinkan siswa menjadi lebih kreatif dan lebih aktif dalam mencari informasi dan ilmu pengetahuan daripada yang hanya duduk diam mendengarkan gurunya berbicara.

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita menggunakan fasilitas internet dengan baik dan menggunakannya dalam hal yang positif demi kemajuan diri dan kepribadian kita. Sebagai remaja dan pelajar, kita semua harus dapat menguasai teknologi yang melaju kencang di era ini, karena dengan demikian kita dapat berlari menyongsong masa depan.

NAMA : ANISA AGUSTINA ANSORY

KELAS : X MIPA A

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s