Pentingnya Peraturan Yang Mengikat

Peraturan, atau yang bisa kita sebut tata tertib, pasti berada dimanapun kalian berada. Karena segala sesuatu itu harus diatur, dan harus ada peraturan untuk menertibkannya. Tapi terkadang, peraturan tersebut sering dianggap hal yang sepele oleh banyak orang. Kenapa? Karena mayoritas manusia tidak suka terikat. Mereka lebih suka bebas, mengikuti kemauan mereka sendiri. Bahkan, peraturan yang ada sanksinya pun sudah dianggap hal yang biasa dan hanya angin lalu saja.

Semisalnya peraturan disekolah, seperti datang ke sekolah tepat waktu, tidak boleh bolos jam pelajaran, memakai seragam yang sesuai, dan lain-lain. Tapi nyatanya? Masih banyak siswa yag melanggar peraturan tersebut. Padahal kedisiplinan mereka diuji dan dilatih dari peraturan-peraturan tersebut, apakah mereka orang yang disiplin atau tidak. Sanksi jika melanggar peraturan tersebut menurut saya cukup ringan, jadi para siswa hanya menganggap peraturan itu seperti angin lalu saja.

Lalu peraturan kantor, seperti datang ke kantor tepat waktu, tidak boleh pulang ditengah-tengan jam kerja, dan lain-lain. Sebenarnya peraturan itu pasti kurang lebih peraturan sekolah, maka dari itu kita dibutuhkan disiplin sejak sekolah. Jika melakukan pelanggaran peraturan di kantor, pasti mendapatkan surat peringatan. Jika melanggarnya sebanyak 3 kali, maka akan di PHK oleh atasan kantor tersebut. Tapi tetap saja banyak yang tidak disiplin.

Dan lagi, ada peraturan yang diatur untuk bermasyarakat. Seperti norma-norma. Norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum. Norma-norma tersebut dibuat oleh lembaga berwenang. Setiap norma memiliki sanksi masing-masing, dan bersifat memaksa. Jadi, jika kalian melanggarnya, bersiaplah untuk menerima sanksi-sanksi itu.

Coba lihat, banyak orang sukses diluar sana. Kenapa? Karena mereka patuh pada peraturan yang mengikat mereka dulu saat masa-masa sekolah. Mereka berlatih menjadi orang yang disiplin dan tepat waktu. Bahkan terkadang mereka menjadwalnya, di jam ini mereka melakukan ini, sedangkan di jam ini saya melakukan ini.

Tetapi lihat, orang yang tidak disiplin, selalu terlambat saat mereka bersekolah, mereka gagal. Mereka tidak menggunakan waktu dengan baik, padahal waktu itu sangat berharga. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mengerjakan sesuatu yang bermanfaat, malah digunakan untuk hal yang tidak karuan.

Maka dari itu, patuhilah peraturan-peraturan itu sejak dini, mulailah menjadwal kegiatan-kegiatan kalian, mulai menentukan target, lalu menentukan deadline pekerjaan, dan lain-lain. Bukankah bagus jika kita semua jadwal dan kerjaan kita bisa di handle dengan baik? Jadwal tidak ada yang bertabrakan, pekerjaan bisa cepat terselesaikan. Kita tidak perlu memikirkan dengan rumit, dan tidak perlu khawatir pekerjaan kita belum diselesaikan, karena kita sudah bisa mengatur waktu dengan baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s