Pentingnya Kehati-hatian dalam Lalu Lintas

Kecelakaan, tabrakan, korban jiwa, penyebab dan lain-lain. Kata-kata tersebut pasti sering kalian dengar di berita televisi, Koran, maupun radio. Hal tersebut terjadi kurangnya kehati-hatian masyarakat terhadap lalu lintas. Padahal sudah banyak peraturan yang dibuat untuk para pengguna lalu lintas, tapi masih saja dilanggar oleh beberapa pihak yang kurang memiliki rasa tanggung jawab.

Beberapa peraturan tersebut seperti tidak boleh berkendara jika tidak mempunyai SIM. Masih banyak pengendara motor atau mobil yang tidak mempunyai SIM. Lalu menggunakan sabuk pengaman saat berkendara mobil, menggunakan helm saat berkendara motor, dan lain-lain.

Sepertinya masyarakat kurang kesadaran akan pentingnya peraturan-peraturan tersebut. Memang, beberapa kasus kecelakaan bukan disebabkan oleh masyarakat. Tapi bukankah mayoritas kasus kecelakaan tersebut disebabkan oleh masyarakat dan kita harus bisa menguranginya sedikit-sedikit?

Hal tersebut dimulai dari kesadaran masyarakat masing-masing. Apa yang menyebabkan kecelakaan tersebut terjadi, segala macam peraturan apa yang dilanggar, akibat terjadinya kecelakaan tersebut, dan lain-lain. Karena, jika terjadi satu kasus kecelakaan, bukan hanya satu orang yang rugi. Tapi belasan orang, bahkan tak jarang berpuluh-puluh orang ikut rugi dalam kasus kecelakaan tersebut.

Mayoritas kasus kecelakaan disebabkan oleh kebut-kebutan anak muda, atau supir mengantuk, atau supir mabuk-mabukkan. Saya juga tidak mengerti apakah mereka tahu akibat jika mereka berkendara disaat keadaan yang tidak stabil. Yang pasti hal tersebut selalu saja terulang dan lagi-lagi berulang. Suatu kesalahan yang dilakukan berulang-ulang, apakah itu sengaja? Saya juga tidak mengerti.

Tetapi ada juga kecelakaan yang sebenarnya kejadian tersebut tidak di inginkan si supir. Seperti kasus kecelakaan yang terjadi beberapa hari yang lalu di Samarinda. Sang supir mengatakan rem truk tronton nya blong dan ia tak pernah mengira kasus tersebut akan terjadi. Karena itu bukan kemauannya. Tapi tetap saja, ada banyak korban jiwa, dan ia harus tetap menjalani hukuman. Mungkin itu musibah, entah musibah bagi korban atau musibah bagi sang supir.

Maka dari itu, kita harus mematuhi peraturan lalu lintas dengan baik. Keuntungan jika kita mematuhi peraturan tersebut tidak hanya untuk kita, tetapi juga untuk orang lain. Lebih aman dalam berkendara, dan tidak menyusahkan orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s