Asal Pendidikan Kita, Orang Tua?

Image

Pemikiran yang pertama kali muncul dari judul diatas adalah pendidikan utama berasal dari orang tua dirumah. Bagaimana kesopanan kita saat berbicara dengan yang lebih tua, atau mengucapkan salam saat bertamu ke tempat tinggal orang lain. Semua itu kita dapatkan dari orang tua kita, dan itu sudah sepantasnya kita berterima kasih kepada mereka.

Lalu saat bertambahnya sekitar 5-6 tahun, kita didaftarkan ke Taman Kanak-Kanak (TK). Tempat dimana kita bermain bersama anak-anak lain, entah itu perosotan, ayunan, dan lain-lain. Mungkin beberapa TK juga mengajarkan membaca dan menulis, tapi saya rasa itu belum saatnya kita belajar baca tulis, karena jiwa anak-anak umur tersebut masihlah sangat kanak-kanak dan hanya ingin bermain saja.

Dan setelah 2 tahun/setahun berada di TK, pasti orangtua kita mendaftarkan kita ke Sekolah Dasar (SD). Menurut saya, disini lah tempat yang pantas untuk kita memulai belajar baca tulis. Mulai dari baca, tulis, mengenal angka, sampai hitung-hitungan rumit seperti perkalian, pembagian, KPK, FPB, dan lain-lain. Ditahap ini pun kita masih memiliki jiwa kekanakan yang sangat kental, contohnya, kita masih sering bermain, tidak begitu memantapi apa yang kita pelajari di sekolah.

Setelah 6 tahun berada di SD, kita pun didaftarkan di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Ditahap ini jiwa kekanakan kita mulai berkurang, karena diharuskan belajar dengan serius di tahap ini. Mata pelajaran pun bertambah, dari IPA yang masih ada pembagiannya yaitu Fisika, Biologi, dan Kimia. Lalu IPS yang juga masih ada pembagiannya yaitu Geografi, Sosiologi, Sejarah, dan Ekonomi. Pasti sedikit susah untuk beradaptasi di SMP, entah itu mata pelajarannya yang terlalu banyak.

Dan lagi, setelah 3 tahun berada di SMP, kita pun didaftarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Atau ada juga yang didaftarkan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sekolah yang mengajarkan tentang apa minat dan bakatnya saja.. Ini merupakan tahap terakhir dalam Wajib Belajar 12 Tahun. Bahkan di tahap ini merupakan tahap yang sering dibilang “pendalaman pelajaran SMP dan beberapa materi tambahan.”. Jika di SMA, ada pembagian jurusan, IPA dan IPS. Biasanya di kelas 2 baru kita dibagi jurusannya. Tetapi di kurikulum 2013, di kelas 1 pun kita sudah dapat jurusan, malahan dapat memilih sendiri jurusan apa yang kita minati. Dan tentu saja, di tahap ini, pada siswa/siswi harus belajar giat karena harus menyiapkan diri untuk masuk Perguruan Tinggi.

Setelah 3 tahun berada di SMA, kita melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) atau yang sering kita sebut kuliah. Biasanya SMK langsung bekerja, tanpa ada kuliah. Tapi saya lihat beberapa siswa SMK melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi. Di tahap ini, siswa sudah diarahkan untuk memilih jurusannya sendiri sesuai minat dan bakat. Seperti jurusan sastra, hubungan internasional, ekonomi, hukum, dan lain-lain.

Setelah melaksanakan pendidikan kuliah, baru lah kita bekerja sesuai bidang kita masing-masing. Dan masih ingat kah kalian? Siapa yang membimbing kita dan memberi kita arahan dari kecil sampai sekarang? Orang Tua. Dan kalian tahu? Ada satu fakta yang sangat saya sukai mengenai hal ini, orang tua akan melakukan apapun demi pendidikan anaknya, yang membuat anaknya lebih baik.

Dan lagi, jangan lupa dengan para guru yang telah mengajarkan kita selama berada di sekolah. Semua ilmu yang kita miliki sekarang kita dapatkan dari guru. Dan beberapa bimbingan juga kita dapatkan dari guru.

Sekian tulisan kecil dari saya, semoga bermanfaat dan kita bisa melihat kembali ke masa lalu, di masa-masa kita kecil, dan akhirnya pun kita harus berterima kasih kepada beliau, yang sudah memberikan yang terbaik untuk kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s