Kenaikan Keuntungan pada Bulan Ramadhan

antarafoto-Pasar-Ramadhan-210712-Amr-4

Pendahuluan

 

  1. Latar Belakang

Puasa adalah kegiatan menahan nafsu makan dan minum yang dijalankan oleh umat muslim. Puasa yang paling sering dijalankan oleh kita adalah puasa sunnah senin kamis dan puasa wajib 1 bulan penuh pada saat bulan Ramadhan.

Tentu saja, tidak mudah untuk menjalankan puasa tersebut. Selama 13 jam (di Indonesia) kita menahan lapar dan dahaga. Ya memang sih, tidak hanya menahan nafsu untuk makan dan minum. Tetapi juga menahan nafsu amarah, dan nafsu lainnya.

Karena sebentar lagi adalah puasa wajib 1 bulan penuh pada saat bulan Ramadhan, pasti disekitar kita banyak yang namanya Pasar Ramadhan. Mereka menjual makanan & minuman untuk kita berbuka puasa. Terkadang, ibu kita hanya memasak nasi dan lauknya saja, sedangkan kue-kue dan minuman manis nya beli di Pasar Ramadhan. Tentu saja, bagi para penjual makanan & minuman di Pasar Ramadhan itu merupakan saat-saat yang untung, karena banyak umat muslim yang membeli makanan & minuman yang mereka jual.

 

  1. Rumusan Masalah
  • Apa saja manfaat Pasar Ramadhan untuk penjual dan pembelinya?
  • Apakah ada kenaikan keuntungan dalam penjualan di Pasar Ramadhan daripada yang biasanya?
  • Berapa persen meningkatnya penjual makanan & minuman pada saat bulan Ramadhan?

 

  1. Tujuan Penelitian
  • Mengetahui apa saja kegunaan Pasar Ramadhan.
  • Mengetahui pengaruh-pengaruh yang terjadi dengan adanya Pasar Ramadhan.

 

Bab II

 Pembahasan

 

Seperti yang sudah dibahas di bab sebelumnya, Pasar Ramadhan merupakan Pasar yang buka pada sore hari yang menjual makanan & minuman untuk berbuka puasa. Sesuai namanya, Pasar Ramadhan buka hanya pada saat bulan Ramadhan saja.

Biasanya Pasar Ramadhan menjual berbagai macam makanan dan minuman. Entah itu makanan berat maupun makanan ringan. Makanan dan minuman itu sendiri dijual untuk masyarakat muslim berbuka puasa. Jadi, para ibu dirumah tidak perlu repot-repot memasak dan tinggal membeli saja di Pasar Ramadhan. Di satu sisi, hal itu juga menguntungkan penjual karena menambah penghasilan.

Ditambah lagi, keuntungan penjualan makanan dan minuman meningkat karena adanya Pasar Ramadhan. Biasanya, keuntungan penjualan bisa meningkat hingga dua kali lipat. Karena di Pasar Ramadhan ini masyarakat muslim bisa membeli makanan untuk berbuka puasa.

Salah satu contoh, sebagian besar orang sibuk akan pekerjaannya dikantor, dan tidak mempunyai waktu memasak makanan berbuka puasa. Sehingga, alternatifnya adalah membeli makanan di Pasar Ramadhan.Hal ini menyebabkan bertambahnya pembeli yang mengakibatkan keutungan bagi penjual.

Karena banyaknya pemikiran seperti itu, tidak sedikit pula orang yang ingin membuka stan untuk berjualan di Pasar Ramadhan. Sehingga terjadi meningkatnya penjual di Pasar Ramadhan.

 

Bab III

Metode Penelitian

Metode penelitian yang saya lakukan adalah menggunakan observasi (peninjauan lapangan)  terhadap penjual yang berjualan di luar bulan Ramadhan dan juga berjualan di bulan Ramadhan. Dengan perbandingan 2 topik, yaitu kenaikan keuntungan penjual dan kenaikan jumlah pengunjung.

Seperti penjual kurma di Pasar Pagi ini :

 

Aspek

Diluar Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan

1

Keuntungan Penjual

25%

80% – 90%

2

Pembeli (dari 100 orang)

20 orang

80 orang

 

Dan penjual Es Kelapa di jalan Gatot Subroto :

 

Aspek

Diluar Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan

1

Keuntungan Penjual

25%

80% – 90%

2

Pembeli (dari 100 orang)

20 orang

70 – 80 orang

 

Bab IV

Kesimpulan

Pasar Ramadhan sangat berguna untuk penjual maupun pembelinya. Selain meningkatkan keuntungan penjualan, pembeli juga bisa membeli makanan dan minuman berbuka puasa tanpa harus repot memasak.

Pasar ramadhan adalah pasar yang tersedia hanya setahun sekali, yaitu hanya dibulan puasa. Dan jenis makanan sangat beragam macamnya.

Keuntungan penjualan di Pasar Ramadhan bisa meningkat dua kali lipat daripada yang biasanya.

Dengan demikian, di Pasar Ramadhan tersebut terjadi transaksi jual-beli sehingga secara umum meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s