Menahan Nafsu Pada Saat Bulan Ramadhan

puasa-ramadhan-2

Sebenarnya saya menulis ini semata-mata untuk project siswa pada saat liburan. Karena temanya adalah Puasa, jadi saya memilih judul diatas, yaitu “Menahan Nafsu Pada Saat Puasa” dan berhubung juga, sebentar lagi adalah bulan Ramadhan.

Puasa adalah kegiatan menahan nafsu makan dan minum yang dijalankan oleh umat muslim. Puasa yang paling sering dijalankan oleh kita adalah puasa sunnah senin kamis dan puasa wajib 1 bulan penuh pada saat bulan Ramadhan.

Tentu saja, tidak mudah untuk menjalankan puasa tersebut. Selama 13 jam (di Indonesia) kita menahan lapar dan dahaga. Ya memang sih, tidak hanya menahan nafsu untuk makan dan minum. Tetapi juga menahan nafsu amarah, dan nafsu lainnya.

Semisalnya, ada teman kita yang non-muslim sedang menikmati makan siangnya pada saat kita berpuasa, kita harus bisa menahan nafsu untuk tidak makan bersamanya. Atau kita sedang kecapekan habis melakukan suatu kegiatan, kita juga harus bisa menahan dan mengingat bahwa kita masih berpuasa.

Sebenarnya, puasa itu berfungsi untuk menyadarkan kita bahwa diluar sana masih banyak orang yang kelaparan dan membutuhkan makanan, sekaligus ikut merasakan apa yang mereka rasakan. Sedangkan orang zaman sekarang suka membuang-buang makanan, itu kan sangat mubazir.

Jadi, jangan sampai kita tergoda untuk membatalkan puasa kita. Cobalah untuk menghargai mereka yang tidak mampu, mereka yang susah untuk mencari makan. Karena berpuasa memberikan banyak manfaat yang baik untuk kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s